tips-mengatasi-alergi-keringat-bayi

Tips Mengatasi Alergi Keringat Bayi – Gangguan umum dan kerap terjadi pada kulit bayi adalah biang keringat. Biang keringat berbentuk seperti bintil kecil-kecil yang berisi air, berwarna kemerahan dan tersebar merata di area kulit yang serta tertutup seperti leher, dahi, punggung, lipatan paha dan ketiak. Biang keringat tersebut biasanya terasa gatal dan  panas, oleh sebab itu bayi kerap menjadi rewel bila biang keringat ini muncul. Umumnya biang keringat akan muncul saat bayi sedang mengalami sakit panas atau pilek. Biang keringat akan muncul bila kelenjar keringat pada bayi tersumbat yang membuat keringat tidak bisa keluar dengan bebas. Sebelum anda mengatasi masalah biang keringatnya, jika bayi anda sakit seperti panas dan pilek, lebih baik anda mengatasi masalah itu terlebih dahulu. Tapi untuk meringankan rasa tidak nyaman yang dialami bayi karena biang keringat anda bisa melakukan beberapa Tips Mengatasi Biang Keringat pada Bayi berikut ini.

Cara mengatasi masalah biang keringat pada balita ataupun bayi pada prinsipnya sebetulnya sama. Ada cara yang dapat para ibu lakukan untuk mengatasi masalah biang keringat tersebut. Yang pertama anda bisa mengolesi kulit bayi anda dengan minyak telon. Pilihlah minyak telon yang memiliki kandungan minyak kelapa sekitar 60%. Hal ini memiliki tujuan supaya bayi tidak merasa terlalu panas. Oleskanlah minyak telon tersebut secara merata ke kulit bayi anda yang terdapat biang keringatnya. Selain itu, anda juga bisa mengatasinya dengan menaburkan bedak di permukaaan kulit bayi anda.  Bunda bisa menggunakan bedak salicyl ataupun bedak tabur dan menaburkanya di permukaan kulit bayi anda. Untuk bedak salicyl anda bisa mencampurnya sedikit air kedalamnya seperti pemakaian bedak dingin.

 

Cara selanjutnya adalah jangan memakaikan baju yang terlalu ketat ke bayi anda, sebab baju yang terlalu ketat bisa mempersulit keringat untuk keluar, disamping itu baju yang terlalu ketat bisa membuat bayi anda merasa tidak nyaman untuk bergerak. Perhatikan juga sirkulasi udara di dalam ruangan bayi anda.  Usahakan kamar bayi anda tetap dalam keadaan yang sejuk dan tidak panas supaya kulit bayi tak kepanasan sehingga tidak mengeluarkan keringat yang berlebih. Berikan juga bayi anda baju yang bisa menyerap keringat dengan cukup baik. Memandikan bayi bunda dengan teratur sebanyak 2 kali dalam sehari juga termasuk salah satu Tips Mengatasi Alergi Keringat Bayi. Hal ini berguna untuk menyegarkan tubuh bayi kembali dan menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel di tubuhnya.

Demikianlah tadi Tips Mengatasi Alergi Keringat Bayi. Kesalahan yang terjadi dalam tekhnik menyusui kadang juga bisa menjadi penyebab air susu tumpah ke badan bayi sehingga akan menimbulkan bintik-bintik merah seperti biang keringat. Supaya hal itu tak terjadi anda harus menyusui bayi anda dengan teknik atau cara yang tepat.

Iklan