Melengkapi pengetahuan kala baru menjadi seorang Bunda dengan panduan cara merawat bayi baru lahir hingga usia 1 tahun pertama oleh dr. Eiyta Ardinasari sebuah langkah awal yang baik dalam membangun pondasi bagi sang anak untuk mereka dewasa nantinya.

Selain tengkurap, perkembangan bayi 4 bulan juga mulai memperlihatkan bahwa buah hati Anda sudah isa berguling ke kanan dan ke kiri untuk memindahkan posisinya. Gerakan yang dilaukan oleh bayi ini juga bisa membantu melatih otot motorik Anda supaya semakin berkembang. Dan sebagai orang tua, ada sedikit tips yang bisa Anda lakukan. Terutama adalah dengan merangsang bayi supaya dia berguling ke kanan ataupun ke kiri. Misalnya Anda meletakkan sebuah benda yang menarik bagi si anak seperti guling, boneka, dan sebagainya. Dengan demikian si anak akan terpancing untuk bergerak dan berguling ke arah benda tersebut. Jika ia berhasil untuk mencapai benda tersebut, berilah ia pujian berupa tepuk tangan atau tanda kasih sayang Anda yang lain supaya dia terpancing untuk melakukan hal yang sama lagi.

Biarkan ia menyusu sampai perutnya buncit, tetapi tidak bengkak dan ketat. Anda bisa memeriksanya dengan merasakan apakah perutnya lebih lebar dari tulang rusuknya. Jika begitu, itu tandanya perutnya kenyang dan ia memiliki persediaan makanan yang cukup untuk sekarang. Kebanyakan bayi kucing akan tertidur saat menyusu jika perutnya kenyang. Jika hal ini terjadi, jauhkan dot dari mulutnya dan kembalikan lagi ia ke sarangnya yang hangat.

Apabila pada periode emas tersebut sang bayi tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dan tepat, serta pengasuhan yang baik, dan stimulasi yang harus diterima sang bayi tersebut kurang dan juga penanganan  penyakit yang tidak sesuai, maka Anda tidak akan pernah lagi bisa mengulangi kembali kala saat menyadari bahwa sang bayi telah ditangani dengan semesti pada masa-masa awal tersebut.

Bagian dalam hidung sebenarnya punya pembersih sendiri dan tidak memerlukan perawatan khusus. Jika ada kotoran hidung yang keluar, bersihkan bagian luarnya saja. Jangan memakai cotton buds, tisu atau jari Anda untuk menarik keluar kotoran dari dalam hidungnya karena hal ini hanya akan mendorong kotoran masuk lebih ke dalam atau malah menggores membran pembatas hidung bayi yang masih sensitif.

Iklan