Segera setelah lahir, BBL harus beradaptasi dari keadaan yang sangat tergantung menjadi mandiri secara fisiologis. Banyak perubahan yang akan dialami oleh bayi yang semula berada dalam lingkungan interna (dalam kandungan Ibu) yang hangat dan segala kebutuhannya terpenuhi (O2 dan nutrisi) ke lingkungan eksterna (diluar kandungan ibu) yang dingin dan segala kebutuhannya memerlukan bantuan orang lain untuk memenuhinya.

Meskipun masih kecil namun insting perasaan mereka sudahlah aktif. Bagaimana tidak seringkali mereka akan menangis meskipun yang kita lakukan hanyalah sekedar menggantikan baja mereka, itupun biar mereka nyaman. Hal ini tidak ada hubungannya sama sekali. Kepintaran bukan di lihat berdasarkan lebar kecilnya jidat, tapi karena faktor genetis ke dua orang tuanya, kemudia stimulasi dan nutrisi yang di berikan kepada bayi. Kadang ada faktor yang kita tidak dapat kita antisipasi, karena itu meskipun telah melakukan perawatan dengan baik, tetap perhatikan bagian ini tetap cermat bila saja ada muncul tanda-tanda infeksi.

Daging hasil sembelihan aqiqah tersebut boleh dibagikan kepada siapa saja dan tidak ada pembagian proporsi untuk yang melaksanakannya, sebagaimana halnya hewan qurban. Bahkan dalam aqiqah, orang yang melakukan aqiqah diperbolehkan memakan semuanya. Jika bayi terlentang, kepala dipalingkan kesalah satu sisi, bahu dan batang tubuh membalik ke arah tersebut dan diikuti dengan pelvis. Latih anak agar mengerti bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur dan siang hari adalah waktu untuk bangun. Salah satu caranya adalah dengan mengajaknya bermaiin hanya disiang hari saja, tidak di malam hari. Itulah beberapa cara merawat bayi yang baru lahir yang perlu untuk anda perhatikan. Kami akan terus mengupdate website ini secara berkala, semoga tulisan kami bermanfaat sampai jumpa di lain kesempatan. Alergi merupakan reaksi dari bayi terhadap produk yang anda pilihkan, bila cocok dia nyaman bila tidak dia akan terkena alergi.

Satu hal penting: tidak ada iur biaya, tidak ada biaya tambahan selama di Faskes primer, kecuali bayi dirujuk ke Faskes rujukan karena ada penyulit medis. Sedangkan bagi di Faskes rujukan, berlaku seperti klausul dalam Permenkes 27/2014. Dalam penerapannya, ada yang kemajuan ketika OP mulai mengajukan solusi tentang penegakan penyulit medis bagi bayi baru lahir.

Iklan