Bayi baru lahir adalah bayi baru lahir dengan umur kehamilan 38-40 minggu,lahir melalui jalan lahir dengan presentasi kepala secara spontan tanpa gangguan, menangis kuat, nafas secara spontan dan teratur,berat badan antara 2500-4000 gram.

Bayi yang minum ASI ekslusif sebaliknya bisa saja tidak b a b selama 2 sampai 4 hari bahkan bisa 7 hari sekali, bukan berarti mengalami gangguan sembelit tapi bisa saja karena memang tidak ada ampas makanan yang harus dikeluarkan. Semuanya dapat diserap dengan baik, feses yang keluar setelah itu juga harus tetap normal seperti pasta. Tidak cair yang disertai banyak lendir atau berbau busuk dan disertai demam dan penurunan bert badan bayi. Jadi yang penting lihat pertumbuhannya apakah anak tidak rewel dan minumnya bagus, kalau three hari belul b a b, dan bayinya anteng – anteng saja mungkin memang belum waktunya b a b.

Endapan seperti ini tidak usah dibersihkan, apalagi bila si bayi telah memasuki usia tiga bulanan. Endapan susu pada lidahnya sudah pasti tidak ada karena dia sudah bisa mengonsumsi makanan yang padat. Jadi untuk kebersihan mulut nya cukup beri dia minum air putih saja. Bahaya lain yang ditakutkan adalah bahaya infeksi. Untuk menghindari bahaya tali pusat yang dapat menyebabkan sepsis, meningitis dan lain-lain, maka ditempat pemotongan, di pangkal tali pusat, serta 2,5 cm di sekitar pusat diberi obat antiseptik. Selanjutnya tali pusat dirawat dalam keadaan kering. Ketika bayi Anda terbangun di malam hari, cobalah untuk menjaga ruangan segelap mungkin, namun Anda tetap bisa melihat popok dan menyusuinya.

Ketika bayi terbangun, ajari untuk tidur kembali. Jangan nyalakan lampu, tenangkan dengan kata kata lembut. Selanjutnya tinggalkan ia sendiri untuk kembali tidur, jika menangis lagi, biarkan dulu 5 menit baru tenangkan lagi. Berikutnya jika kembali menangis tunggu 10 menit dan seterusnya hingga 15 menit, malam berikutnya tambah waktu tunggu 5 menit yaitu 10 menit, 15 dan 20 menit. Biasanya bayi memerlukan waktu hingga 2-three malam. Jika gagal henetikan dulu prosedur ini dan coba lagi setelah 1 bulancara ini diperkenalkan oleh Richard Ferber, Boston’s Children Hospital).

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa bayi baru lahir regular adalah bayi yang lahir dengan berat lahir antara 2500 – 4000 gram, cukup bulan, lahir langsung menangis, dan tidak ada kelainan kongenital (cacat bawaan) yang berat. Bayi yang baru lahir regular tidak hanya regular pada saat dia baru lahir saja tetapi juga memiliki keadaan yang regular setelah dia keluar dari rahim, diantaranya adalah frekuensi jantungnya, pernafasannya, reflex-refleks yang harus ada pada bayi baru lahir normal, dll.

Iklan